Gran Turismo, Aksi Balapan Seorang Gamer yang Menjadi Pembalap Profesional

Dewasa ini, banyak film yang mengangkat cerita berdasarkan dari video game. Namun, apa daya apabila ada film yang bercerita dari video game balapan. Yap, itulah yang terjadi pada film dengan judul Gran Turismo. Sesuai dengan namanya, ini merupakan film yang dikisahkan dari video game garapan dari Sony Interactive Enterteinment (SIE).

Gran Turismo resmi dirilis pada 9 Agustus 2023, pada semua biskop di Indonesia. Film ini menceritakan kisah nyata dari seorang gamer yang berasal dari Inggris, bernama Jann Mardenborough, yang diperankan oleh Archie Madekwe.

Ia merupakan merupakan penggemar berat dari video game Gran Turismo tersebut, kisah hidupnya dijadikan dan dimuat dalam film ini. Artinya, Gran Turismo mengisahkan perjalanan seorang Jann dari yang hanya memainkannya di monitor komputer, bergabung menjadi pembalap dan menggeber mobil di sirkuit sungguhan.

Namun, ambisinya untuk menjadi pembalap sempat ditentang oleh kedua orang tuanya, yang mencoba mencegah Jann menjadi seorang pembalap. Tetapi, ia sudah membulatkan tekad untuk menggeluti profesi yang berbahaya ini.

Jann pun akhirnya bergabung melalui GT academy, sebuah program yang dirancang oleh Nissan, sebagai pintu masuk untuk membentuk pembalap-pembalap dunia. Melalui GT academy inilah Jann yang hanya bermodalkan keterampilan bermain game Gran Turismo, ikut bergabung menjadi pembalap profesional.

Sang pemeran Jann, Archie, sukses memerankan sosok anak muda dari Inggris tersebut. Hanya dengan bermodalkan keterampilan bermain video game Gran Turismo, ia akhirnya berhasil menjadi seorang pembalap profesional, dengan masuk melalui program GT Academy yang dirancang oleh Nissan, untuk mencari bibit pembalap profesional.

Walaupun begitu, terdapat sedikit kekurangan dari Archie saat memerankan Jann. Terlihat dalam trailer Gran Turismo, Archie melakukan akting yang kaku dalam memerankan Jann. Namun dalam film ini, hal tersebut ditutupi dengan aksinya dalam menggeber mobil di sirkuit. Archie memberikan bumbu menarik dimana aksi membalapnya menjadi lebih seru dan dramatis. Ditambah lagi, peran dari seorang David Harbour (Jack Salter), Orlando Bloom (Danny Moore), Djimon Hounsou (Steve Mardenborough) menutupi kekakuan yang dilakukan oleh Archie.

Mengenai visual yang ditampilkan dari film garapan Neill Blomkamp juga sangat menarik. Adegan-adegan balapan di sirkuit dibuat lebih nyata dan aksi yang dihasilkan juga memberikan kejutan bagi penonton. Dengan kata lain, Neill mempertahankan bahwa balapan menjadi aksi utama dan terpenting dalam film Gran turismo.

Untuk urusan audio juga begitu. Gran Turismo memberikan nuansa game yang menjadi dasar fim ini dibuat. Artinya, audio dalam film ini banyak terinspirasi pada audio yang ada dalam video game pada umumnya. Hal itu memberikan kesan bahwa esensi game masih terasa untuk dirasakan melalui audio.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top