Review Gran Turismo Sport: Berkendara dalam Kemewahan!

Mengejar Pendekatan E-Sports

Lantas, apa itu Gran Turismo Sport? Seperti nama yang ia usung, ia adalah sebuah seri Gran Turismo yang didesain untuk mengejar pendekatan e-Sports. Sebuah seri yang memang didesain untuk mendorong Anda berkompetisi dengan beragam “pembalap” lainnya dari seluruh dunia (tentu saja, terutama Anda yang berada di satu region yang sama) untuk mencari yang terbaik. Polyphony Digital sendiri membaginya ke dalam beberapa kompetisi, yang masing-masing punya level signifikan dan tentu saja, aura kompetitif yang berbeda. Pembalap terbaik dari satu kompetisi akan berhak bergerak ke kompetisi  selanjutnya, dan kemudian, dan akhirnya membalap di tingkat dunia. Itulah yang menjadi pondasi desain gameplay untuk Gran Turismo Sport.

Gran Turismo Sport bahkan menyediakan satu mode terpisah “Sport” untuk memfasilitasi hal tersebut, yang tentu saja, harus dicicipi secara online. Ada kompetisi serius dengan logo “FIA” juga yang tersemat di dalamnya, namun track yang terus berubah harian juga ditawarkan di sana. Berbeda dengan mode online game racing pada umumnya yang memungkinkan Anda untuk langsung, menunggu, dan membalap bersama dengan player yang lain, Gran Turismo Sport mengaplikasikan sistem yang lebih dekat ke dunia nyata. Bahwa untuk bisa masuk dan berlomba ke player yang lain, Anda harus menempuh waktu kualifikasi dulu yang tidak punya limitasi waktu, dan mencatat waktu terbaik Anda. Waktu terbaik untuk setiap track akan berakhir jadi waktu kualifikasi resmi Anda. Langkah selanjutnya? Masuk ke babak “final” atau balap yang sesungguhnya.

Inti pengalamannya adalah menguji kemampuan Anda melawan pembalap lain di seluruh dunia. Jika cukup percaya diri, Anda bisa terjun ke kompetisi lebih serius yang bahkan membawa nama “FIA” di dalamnya.

Pendekatan unik juga terjadi di sini. Alih-alih langsung bisa membalap begitu saja, Polyphony Digital mendesain mode ini dengan jadwal spesifik. Setiap track akan punya waktu balap resmi yang akan disesuaikan dengan jam di lokasi Anda masing-masing. Sebagai contoh? Anda baru saja menyelesaikan proses kualifikasi di track A, misalnya di pukul 17:00 WIB. Anda tidak akan bisa lanjut ke babal final dan membalap diri dengan pemain lain hingga jam 17.15 WIB misalnya, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Polyphony Digital. Sistem unik seperti ini memungkinkan gamer untuk terus mencari waktu kualifikasi terbaik mereka, sekaligus mempersiapkan apa yang perlu dipersiapkan untuk bisa membalap dengan serius.

Kerennya lagi? Proses balancingnya juga pantas diacungi jempol. Waktu kualifikasi yang Anda tempuh sebelum berkompetisi secara online akan dijadikan sebagai standar untuk proses balancing lawan Anda sendiri. Dengan maksimal 15 mobil di satu arena yang sama, lawan yang Anda hadapi akan punya waktu kualifikasi dengan perbedaan waktu kualifikasi +/- 5 detik dari waktu Anda, untuk menciptakan atmosfer kompetitif yang seharusnya. Jadi, Anda tidak akan berakhir menguji kecepatan Anda dengan lawan yang tidak seimbang, baik yang berakhir lebih jago ataupun lebih pemula dari Anda. Anda juga hanya akan berkompetisi melawan “musuh” yang mengusung sistem konfigurasi balap yang sama dengan Anda. Bahwa gamer yang bermain dengan level Beginner akan digabung bersama dengan gamer Beginner, dan begitu juga sebaliknya. Satu yang pasti, komitmen untuk menciptakan atmosfer kompetitif Gran Turismo Sport dilakukan dengan sangat baik oleh Polyphony Digital. Setidaknya, mereka serius dengan usaha untuk menjadikannya sebagai ruang e-sports game racing simulasi, sesuatu yang tidak ditawarkan oleh franchise kompetitor yang lain.

Tentu saja, Anda yang tidak senang dengan mode ini tetap bisa mencicipi mode yang lain, yang tidak perlu menggunakan koneksi internet untuk dibuka. Salah satu daya tariknya adalah mode “Arcade” yang memungkinkan Anda untuk membalap melawan AI di beragam Track yang ada. Setiap track yang ada akan bisa Anda tundukkan di tiga tingkat kesulitan berbeda yang masing-masing darinya, akan menghadirkan reward yang unik pula. Di mode Arcade, selain membalap dengan AI, Anda juga bsia menempuh mode lain seperti Time Trial ataupun Drift – yang tentu saja akan mengukur seberapa intensif Anda bisa membuat mobil Anda bergerak miring dalam jarak track tertentu.

Selain Arcade Mode, Anda juga bisa menikmati mode lain bernama Campaign, yang untuk alasan yang dipertanyakan, ternyata hanya bisa diakses ketika Anda online. Campaign sendiri membagi dirinya ke dalam tiga kategori yang berbeda: Driving School, Mission Challenge, dan Circuit Experience yang tujuannya sepertinya jelas, membantu Anda lebih menguasai mekanik simulasi Gran Turismo Sport itu sendiri. Driving School akan mengajarkan Anda beragam hal dasar terkait menyetir, Mission Challenge – seperti namanya membungkus “pelajaran” tersebut dalam bentuk tantangan yang bisa Anda selesaikan dengan ragam tingkat kesuksesan, serta Circuit Experience yang membuat Anda bisa langsung terjun ke dalam satu track spesifik dan sekedar menguasai trick untuk setiap belokan, gas, dan rem.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top